Halaman

Rabu, 05 Maret 2014

Pendidikan Seni Rupa

Kandik Berbagai Latar

Seni merupakan usaha atau proses manusia dalam membuat suatu karya yang indah. Dalam memandang seni, seni dapat dilihat dari segi ekspiresi dari kreativitas pembuatnya atau bisa juga dikatakan bahwa seni itu sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Cukup sulit dalam menjelaskan dan menilai seni tersebut. Dalam pembuatan suatu karya seni seseorang harus pandai dalam memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu. Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas ditorehkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk.

Saat mata kuliah pendidikan seni rupa inilah hasil karya saya dengan cat air. Hasil yang belum memuaskan, mengapa saya namai karya lukisan saya "Kandik Berbagai Latar" seperti yang terlihat lukisan tersebut merupakan gambar sebuah kandik ( kapak ) dengan latar berbagai warna. Saya bingung lukisan apa yang akan saya buat kemudian yang terlintas dalam imajinasi saya adalah benda ini, tetapi antara imajinasi dengan dengan lukisan yang saya buat berbeda, dalam imajinasi saya lukisan benda tersebut lebih bagus, hal ini dikarenakan tangan-tangan saya yang belum mahir dalam memoleskan kuas ke kertas gambar selain itu sifat cat air yang trasparan membuat saya kesulitan dalam menumpuk-numpuk warna sehingga belum dapat tercipta kolaborasi (perpaduan) warna yang indah yang, tetapi karena cat air memiliki sifat trasparan warna yang saya bayangkan dalam imajinasi saya tidak sejalan dengan apa yang saya buat.

Dalam melukis dengan cat air memerlukan keterampilan dalam memadukan warna. Menggunakan cat warna butuh kesabaran yang tinggi. Teknik yang umum digunakan biasanya dihasilkan dari lapisan-lapisan yang saling ditimpakan setelah lapisan sebelumnya telah kering sehingga menghasilkan gradasi warna . artinya yaitu pada saat memadukan warna antara warna pertama dan kedua, warna pertama harus kering jika sudah kering maka ditimpakan dengan warna kedua maka, perpaduan antara warna tersebut akan menciptakan warna baru tetapi jika dalam memadukan warna tersebut warna pertama belum kering, kemudian dilanjutkan menimpakan dengan warna kedua, maka warna tersebut akan tercampur sehingga warna yang tercipta tidak begitu indah.

Namun ,dalam menimpakan warna di atas lapisan yang masih basah membutuhkan ketelitian tinggi untuk mendapatkan hasil maksimal Melukis dengan cat air memerlukan pengalaman, dari pengalaman tersebut kita akan mengetahui bagaimana sifat-sifat cat air kemudian bagaimana cara memadukan warna semua itu memerlukan uji coba, setelah itu kita dapat menghasilkan lukisan yang lebih indah dari sebelumnya, untuk mengasah keterampilan dalam melukis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar