Halaman

Minggu, 20 April 2014

TEKNIK AIR BRUSH SEDERHANA



Dalam seni lukis moden, air brush dikenal sebagai salah satu seni lukis yang relative belum lama berkembang dibandingkan dengan seni lukis konvensional, air brush dapat dikatakan sangat berbeda terutama pada alat yang di gunakan. Pada peralatan air brush digunakan sprayer dalam melukis. Seniman air brush lebih mengenal dengan sebutan pen (pena atau pulpen). Dewasa ini teknik ini dilakukan dengan memadukan kerja dari tiga peralatan utama iaitu pompa, tangki udara dan pen. Pompa menghasilkan udara yang ditampung dalam tangki udara. Udara yang terkumpul dalam tangki semakin lama semakin tinggi tekanannya kemudian dikeluarkan melalui pen dalam bentuk dorongan angin. Dengan bantuan angin dari tangki udara, cat dapat keluar dalam butiran-butiran yang sangat halus.

            Air brush adalah teknik yang mudah diterapkan dalam pembuatan karya lukis khususnya, kerana sudah menggunakan tenaga mesin yang akan memudahkan dalam pengerjaannya baik dari pembuatan desain misalnya dengan menggunakan teknik cetakan dengan cara membuat desain lalu dipotong bersesuaian bentuk desainnya. Air brush dapat diterapkan dalam media seperti media kain, kayu, plat mobil, motor dan sebagainya. Pemakaian jenis warna bergantung kepada media yang akan di air brush. Untuk dapat melukis air brush dengan baik perlu di ketahui adalah mengenal karakteristik hasil semburan air brush, dalam melakukan penyemburan perlu mengetahui semburan air brush, karakteristik semburan air brush akan berbeza pada jarak tertentu hasilnya pun akan berbeza. Untuk mengatur pengeluaran cat dari pen kita dapat memposisikan jarum pada posisi pengeluaran sedikit, sedang, dan banyak. Disini kita harus teliti untuk mendapatkan semburan yang diinginkan dengan mengatur keluarnya warna. Dengan teknik air brush ini hasil karya yang kita dapat berbeza dengan melukis konvensional, hasilnya lebih rapi dan permukaannya lebih halus.
            Teknik air brush sederhana yaitu dengan menggunakan alat-alat yang mudah ditemukan. Alat-alat yang dimaksud yaitu sikat gigi bekas, saringan tepung atau teh, atau bisa juga sisir. Berikut saya jelaskan sedikit tentang teknik air brush sederhana.
            Siapkan alat/bahan yaitu:
1.      Cat air
2.      Kertas gambar
3.      Pola (berasal dari daun atau dapat membuat sendiri)
4.      Sikat gigi
5.      Saringan teh/sisir
Kemudian cara kerjanya yaitu Pertama siapkan kertas gambar kemudian tempelkan pola pada kertas gambar, namun jika menginginkan pola tersebut berwarna alangkah baiknya jika diberi warna dasar dulu sebelum menempelkan pola, dan ingat pola ditempel setelah warna dasar kering, jika tidak maka warna akan rusak. Teknik air brush ini jika kalian ingin hasil yang baik pakilah saringan teh yang terbuat dari besi, jika memakai sisir atau saringan teh yang biasa kalian harus teliti, jika sembarangan menggosok maka warna yang dihasilkan tidak akan bagus.
.                                 
Dari penjelasan teknik air brush tersebut  saya membuat air brush sederhana dengan pola daun papaya, langkah pertama yang dalam pembuatan air brush ini saya menempelkan daun papaya sebagai pola. Pada pola saya tidak memberikan warna latar. Setelah itu saya beri warna yang berbeda pada dua sisi yang berlawanan, yaitu warna merah dan biru. Dalam pembuatan air brush sederhana ini saya mengulang beberapa kali karena warna pada air brushnya rusak.  Pembuatan air brus sederhana  memang gampang-gampang susah, kalau dilihat cara pembuatannya memang gampang tapi kalau sudah coba pasti bakalan tahu susahnya dimana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar