Halaman

Minggu, 15 Juni 2014

Kerajinan Tangan dan Seni Rupa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :  SD N 2 Kaliakah
Kelas/Semester    :  VI (Enam) / I (satu)
Tema                    :  Kerajinan Tangan Berbahan Dasar Alami
Alokasi Waktu     : 1 x pertemuan (2 x 35 menit)


A.  Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

B.  Kompetensi Dasar
1.    Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air.
2.    Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.    Membentuk karya patung sederhana dari berbagai media.

C.    Indikator
1.      Membuat lukisan sederhana dengan bahan pewarna alami.
2.      Menyebutkan dan menjelaskan langkah-langkah pembuatan lukisan sederhana dengan bahan pewarna alami.

D. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membuat lukisan sederhana dengan bahan pewarna alami.
2.      Siswa mengetahui serta dapat menyebutkan langkah-langkah pembuatan lukisan sederhana dengan bahan pewarna alami.

E.  Materi Pembelajaran
Mengenal, serta membuat teknik lukis sederhana

F.  Metode Pembelajaran
1.      Metode Ceramah
2.      Metode Tanya Jawab
3.      Metode Penugasan

G. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.      Media dan Alat : Buku gambar, kuas, pensil, kunyit, arang, daun-daunan, dll.
2.      Sumber Belajar : Buku ajar Seni Budaya dan Keterampilan kelas VI

H. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
a.       Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa menanyakan kabar mereka.
b.      Guru bersama-sama siswa melakukan doa.
c.       Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
d.      Guru memotivasi siswa, agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
e.       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Guru memperlihatkan lukisan yang dibuat dengan menggunakan pewarna alami
b.      Siswa mendengarkan prosedur serta langkah-langkah dalam pembuatan lukisan dengan menggunakan pewarna alami.
c.       Setelah itu, siswa disuruh mempraktekkan atau membuat lukisan sederhana dengan menggunakan pewarna alami berdasarkan imajinasi siswa.
d.      Setelah siswa selesai membuat lukisan, guru menunjuk beberapa siswa untuk menjelaskan langkah-langkah pembuatan lukisan yang sudah dibuat oleh siswa.
3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
a.       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.      Memberikan penguatan  dan penyimpulan dari hasil pembuatan lukisan sederhana dengan bahan pewarna alami.

I.    Penilaian
1.      Penilaian sikap : cermat, teliti, dan tanggung jawab.
2.      Penilaian pengetahuan : kuis
3.      Unjuk kerja : praktek membuat lukisan sederhana dengan bahan pewarna alami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar